Post Top Ad

Minggu, 19 Mei 2019

Tugas Sosiologi

SEMESTER  1

1. Pernyataan di bawah ini yang bukan manfaat mempelajari sosiologi adalah....
a. senantiasa mampu memahami perbedaan masyarakat
b. menjadi lebih tanggap dan kritis dalam menghadapi persoalan hidup
c. dapat melatih lebih jelas siapa diri kita dalam masyarakat
d. mendapatkan penghasilan yang cukup besar
e. membantu mengkaji tempat kita dalam masyarakat

2. Kriteria yang menentukan apakah suatu masalah dianggap sebagai masalah sosial atau bukan tergantung pada....
a. sumber masalah
b. akibatnya bagi ketertiban
c. tingkat kesejahteraan masyarakat
d. banyaknya anggota yang melakukan
e. nilai-nilai yang dianut masyarakat

3. Sosiologi berasal dari kata Latin socius dan kata Yunani Logos. Socious  dalam pengertian sosiologi berarti....
a. sosial
b. kerabat
c. keluarga
d. kawan
e. kawan dan lawan

4. Berikut ini yang bukan sifat dan hakikat ilmu sosiologi adalah....
a. rumpun ilmu-imu sosial menyangkut gejala-gejala kemasyarakatan dan bersifat empiris
b. pengetahuan abstrak dan bukan konkret
c. pengetahuan empiris dan rasional
d. pengetahuan yang bersifat terapan
e. mempelajari gejala-gejala umum setiap interaksi masyarakat

5. Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara....
a. manusia dengan lingkungan
b. rakyat dengan penguasa
c. masyarakat dengan budayanya
d. kelas-kelas sosial di masyarakat
e. manusia dengan manusia atau kelompok

6. Berikut yang mendapat sebutan Bapak Sosiologi ialah....
a. Pitrim A. Sorokon
b. Auguste Comte
c. Herbert Spencer
d. Max Weber
e. Karl Marx

7. Berikut ini yang merupakan salah satu faktor utama yang mendorong lainnya ilmu sosiologi adalah....
a. hilangnya masyrakat agraris di Eropa
b. perubahan-perubahan pada masyarakat Eropa
c. peperangan antarnegara Eropa
d. kekuatan Islam semakin kuat di Eropa
e. ilmu sosial lainnya gagal menyelesaikan masalah sosial

8. Perhatikan aspek-aspek sosial di bawah ini!
1) Struktur sosial
2) Organisasi sosial
3) Proses belajar
4) Problema sosial
5) Perubahan sosial
6) Pembangunan sosial

Menurut Selo Soemardjan, yang dipelajari oleh sosiologi adalah....
a. 1,2 dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 2, dan 5
e. 1, 3 dan 5

9. Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang terikat oleh suatu tata cara (sistem), kebiasaan, atau adat istiadat tertentu yang dianut oleh anggota-anggotanya, ini pendapat dari....
a. J.L. Gillian dan J.P. Gillian
b. Koentjaraningrat
c. Selo Soemardjan
d. Soelaiman Soemardi
e. Pitrim A. Sorokin

10. Berikut ini adalah masalah mengenai makhluk manusia, kecuali....
a. masalah perkembangan manusia
b. masalah terjadinya aneka warna makhluk
c. masalah sejarah asal usul
d. masalah sosial atau problema sosial
e. masalah persebaran dan terjadinya aneka warna kebudyaan

SEMESTER II  

MEMBUAT LAPORAN PENELITIAN SOSIAL

KATA PENGANTAR

Dengan kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang dengan rahmat dan hidayah-Nya kami bisa menyelesaikan makalah ilmiah ini tepat pada waktunya.
Secara singkat makalah ini berisi tentang dampak dari teknologi yang membuat orang orang menjadi lebih sering menyendiri. Diharapkan para pembaca dapat mengambil sisi baik dari teknologi dan tetap melakukan komunikasi secara langsung atau bertatap muka dibandingkan harus via telepon atau tidak langsung.
Tujuan dari pembuatan makalah ilmiah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata pelajaran sosiologi.
Dalam menyusun makalah ini saya dibantu oleh beberapa teman sekelas saya dan mengambil beberapa sumber dari internet.
Terlepas dari itu semua, saya memahami bahwa apa yang saya tulis masih banyak sekali kekurangan baik dari segi isi maupun dalam hal penulisan serta tata bahasanya. Oleh sebab itu, apabila ada kritik dan saran dari pembaca, dengan senang hati kami menerimanya. Dan tentunya, saya mengharapkan kritik dan saran Bapak/Ibu Guru demi menyempurnakan tugas ini. Dan kami berharap tugas ini dapat bermanfaat bagi para pembaca maupun penulis.





Jakarta, 12 Mei 2019



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih, penyebaran informasi serta akses telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah. Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia.
 Fungsi internet bermacam-macam, dan salah satunya adalah sebagai tempat komunitas jejaring sosial dunia maya. Jejaring sosial merupakan suatu layanan dari sebuah cakupan sistem software internet yang memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna yang lain dalam skala yang besar. Situs jejaring sosial di internet bermacam-macam jenis dan bentuknya, namun yang paling dikenal dan banyak diikuti adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path, Tumblr, dan situs jejaring sosial yang lainnya.
Dengan situs jejaring ini kita dapat memperluas pertemanan secara kekerabatan maupun dengan masyarakat luas, bukan hanya dalam ruang lingkup lingkungan tempat tinggal saja tetapi dari berbagai macam kalangan lingkungan maupun status sosial. Hal tersebut menjadi suatu kaharusan bagi orang jaman sekarang untuk memilikinya. Media sosial bagi orang orang biasanya di gunakan untuk mengekspresikan diri, berbagai segala tentang dirinya kepada banyak orang terutama teman-teman dan media sosial juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menghasilkan uang.
Kini sosial media sudah menjadi faktor penting interaksi bagi manusia. Namun dengan adanya media sosial ini, menjadikan seseorang terlalu terbuka akan dirinnya dihadapan orang lain ataupun dengan orang yang belum dikenalnya. Tetapi ia cenderung akan lebih tertutup dengan orang orang disekitarnya. Ditambah lagi dengan munculnya smartphone yang menyediakan kebebasan bersosial media dan provider yang menyediakan murahnya layanan sosial media. Hal ini jelas mengakibatkan orang orang cenderung menjadi lebih anti sosial dalam kehidupan aslinya. Besarnya dampak media sosial tidak hanya memberikan dampak postif tetapi juga memberikan dampak negatif kepada manusia terutama dampaknya bagi interaksi sesama manusia yang saat ini telah di pengaruhi media sosial. Media sosial sedikit demi sedikit membawa kita ke suatu pola budaya yang baru dan mulai menentukan pola pikir kita. Media sosial dapat membuat seseorang menjadi lebih menyendiri.
1.2 Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahannya, yaitu :
1.      Apa itu teknologi
2.      Apa peran teknologi di masa sekarang
3.      Apakah teknologi membuat kita menjadi lebih kesepian
4.      Mengapa teknologi membuat orang menjadi lebih menyendiri
1.3 Tujuan Penelitian
Secara terperinci, tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut
Untuk mengetahui bagaimana peran teknologi di kehidupan sekarang ini dan mengenal lebih jelas mengenai perkembangan teknologi yang membuat orang lebih memilih untuk menyendiri bersama dengan gadgetnya.
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Manfaat Praktis
Bagi penulis, manfaat praktis yang diharapkan adalah bahwa seluruh tahapan penelitian serta hasil penelitian yang diperoleh dapat memperluas wawasan dan sekaligus memperoleh pengetahuan empirik mengenai Dampak teknologi yang membuat orang lebih memilih untuk menyendiri. Bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan hasil penelitian, penulis berharap manfaat hasil penelitian dapat diterima dan bermanfaat.
2. Manfaat Akademis
Manfaat akademis yang diharapkan adalah bahwa hasil penelitian dapat dijadikan rujukan bagi upaya untuk meminimalisasi Dampak dari teknologi. dan berguna juga untuk menjadi referensi bagi masyarakat yang melakukan kajian terhadap dampak dari teknologi.


BAB II
KERANGKA TEORI
2.1 Tinjauan Pustaka
Teknologi
A. Pengertian
Berikut merupakan pengertian teknologi menurut para ahli
·       Read Bain (1937)
Mengatakan bahwa teknologi ini pada dasarnya mencakup semua alat, mesin, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi dan komunikasi perangkat, dan juga keterampilan, yang akan memungkinkan kita sebagai manusia bisa memproduksinya.
·       Naisbit (2002)
Naisbitt (2002) mengutip pemahaman tentang teknologi dari Random House Dictionary, yang mengatakan bahwa teknologi adalah obyek serta benda-benda, serta bahan dan bentuk juga berbeda dari manusia biasa.
·       Miarso (2007)
Teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.
·       Ursula Franklin (1989)
Teknologi sebagai cara praktis untuk menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia membuat hal-hal di suatu tempat di sini.
·       Capra (2004)
Teknologi adalah salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan. Hal ini mengacu pada literatur Yunani disebutkan tentang Technologia yang berasal dari techne kata, yang berarti wacana seni.
·       Djoyohadikusumo (1994)
Pengertian teknologi sebagai bidang yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknik atau rekayasa. Pada dasarnya dapat disimpulkan bahwa teknologi dapat dikatakan memiliki dua dimensi, yaitu dimensi teknik dan ilmu pengetahuan dimensi.
·       Sardar (1987)
Teknologi merupakan sarana untuk memecahkan masalah mendasar dari peradaban manusia. Tanpa penggunaan teknologi, maka ini akan menyebabkan banyak masalah tidak dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna.
·       Rogers (1994)
Teknologi adalah desain langkah-langkah penting untuk meminimalkan keraguan tentang hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.
·       Poerbahawadja Harahap
Penggunaan kata teknologi dasarnya mengacu pada ilmu yang meneliti bagaimana bekerja di bidang teknik, serta mengacu juga pada ilmu yang digunakan di pabrik-pabrik atau industri.
·       Toynbee (2004)
Teknologi adalah karakteristik dari keberadaan kemuliaan manusia, di mana ia membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan, tetapi membutuhkan lebih dari itu. Selanjutnya dinyatakan oleh Toynbee, bahwa teknologi dapat mengaktifkan konstituen non-materi dari kehidupan manusia, perasaan, ide-ide, pikiran, intuisi, dan juga ideal.
·       Manuel Castells (2004)
Teknologi adalah kumpulan alat, aturan dan prosedur adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.
·       Elul (dalam Miarso, 2007)
Teknologi adalah pemimpin secara keseluruhan dan memiliki metode rasional  karakteristik khas efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.


·       Saliman (1993)
Mengatakan bahwa teknologi adalah sesuatu ilmu pengetahuan dan pengembangan industri.
·       Sudarsono (1993)
Teknologi merupakan suatu ilmu pengetahuan dan perkembangan dalam sebuah industri
·       Merriam Webster
Menyatakan bahwa teknologi adalah sebuah aplikasi atau implementasi ilmu pengetahuan praktis. Aplikasi praktis kadang-kadang diarahkan juga untuk ruang lingkup tertentu.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Teknologi adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu pengetahuan ilmu terapan.
B. Sejarah Teknologi
Berbagai macam inovasi senantiasa terus berkembang selama abad pertengahan berlangsung. Teknologi abad pertengahan banyak menggunakan mesin sederhana seperti halnya tuas, baut, dan katrol yang digabung untuk membentuk peralatan lain yang lebih kompleks.
Pada zaman renaisans, ditemukan mesin cetak yang memungkinkan adanya dokumenstasi pengetahuan yang lebih luas dan teknologi juga semakin menunjukkan keterkaitannya dengan sains. Kemajuan teknologi di abad ini dikatakan lebih stabil sehingga dapat membuat cadangan makanan dan barang menjadi lebih stabil pula.
Revolusi industri di Inggris pada abad ke-18 merupakan babak awal adanya penemuan teknologi-teknologi baru dalam bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, dan lain sebagainya. Kemajuan sains dan penemuan berbagai konsep telah memungkinkan adanya perkembangan teknologi ke arah yang lebih maju dan setingkat lebih tinggi dari jaman sebelumnya. Pada akhir abad 19 dan awal abad 20-an, teknologi di bidang transportasi mulai berkembang pesat. Seperti, kereta api dan pesawat terbang.
Kemudian pada abad 20 semakin banyak penemuan-penemuan baru. Misalnya dalam bidang fisika, ditemukan adanya fisi nuklir yang memicu adanya penemuan di bidang senjata dan tenaga nuklir. Komputer juga semakin mengecil ukurannya berkat adanya transistor dan sirkuit yang terintegrasi. Selain itu, perkembangan teknologi informasi juga sangat pesat di abad ke-21. Yaitu, dengan ditemukannya internet yang mereformasi total tentang media informasi.
Di samping itu, teknik manufaktur maupun konstruksi yang kompleks diperlukan untuk membuat dan menjaga seluruh teknologi terbaru ini. Mereka juga tidak lupa bahwa terdapat kewajiban untuk mendukung dan mengembangkan generasi terbaru sehingga muncul berbagai macam peralatan di bidang teknologi yang lebih kompleks. Teknologi modern juga sangatlah bergantung pada pelatihan dan pendidikan, serta seringkali membutuhkan pengetahuan dan pelatihan tertentu dari user atau juga pemakainya.
C. Perkembangan Teknologi
Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak, telepon, dan Internet, telah menyempit hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas pada skala global. Namun, tidak semua teknologi yang digunakan untuk tujuan damai; pengembangan lebih intens senjata telah terjadi sepanjang sejarah, dari klub untuk senjata nuklir.
Dampak teknologi dan masyarakat sekitar dalam banyak cara. Dalam banyak masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global saat ini) dan telah memungkinkan peningkatan gratis. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak diinginkan, yang disebut polusi, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya.
Berbagai aplikasi teknologi telah mempengaruhi nilai masyarakat dan teknologi baru seringkali menimbulkan pertanyaan etis baru. Misalnya, gagasan luas efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, istilah yang di Hosono dan Ryuichi Sakamoto hanya menyangkut mesin, contoh-contoh lain yang menantang norma-norma tradisional.
D. Kemajuan Teknologi
Hal ini tidak bisa dipungkiri jika kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Alih-alih sederhana, ke dunia menghebohkan.
Sebenarnya, teknologi telah ada sejak zaman dahulu, zaman Romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara dramatis, dan terus berkembang saat ini. Sampai membuat objek, teknik yang dapat membantu orang dalam pelaksanaan sesuatu yang lebih efisien, dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Mobil nasional telah membuat inovasi untuk Indonesia. Selain itu, ada di Sidoarjo yang memproduksi kapal untuk kebutuhan nelayan.
Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu :
·       Kemajuan teknologi netral
Terjadi ketika tingkat pengeluaran (output) meraih pendapatan yang lebih tinggi dengan kuantitas dan kombinasi faktor (input) yang sama.
·       Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja
Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas, banyak ditandai dengan peningkatan pesat dalam teknologi hemat tenaga kerja dalam memproduksi segala sesuatu dari kacang untuk sepeda ke jembatan.
·       Modal hemat kemajuan teknologi
Sebuah fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama karena hampir semua riset teknologi, dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang dimaksudkan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modal.
2.2 Kerangka Teori
Pengaruh dari perkembangan teknologi bagi masyarakat
·       Dampak Positif
1.      Mempercepat arus informasi
Arus informasi saat ini menjadi sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol hingga saat ini. namun demikian, hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat dan tidak tepat.
Arus informasi dengan feedback yang merupakan karakteristik sistem informasi menjadi salah satu faktor perkembangan informasi dan komunikasi yang tampak. Sehingga memberikan manfaat tersendiri bagi setiap user. Terlebih terhadap internet, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin pesat seiring penggunaan internet yang kian meningkat.


2.      Mempermudah akses terhadap informasi terbaru
Merupakan salah satu efek domino dari bertambah cepatnya arus informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, maka siapapun akan bisa memperoleh informasi dengan mudah. Akses terhadap informasi ini bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dari siapapun itu. Hal ini akan membantu individu dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya, meski terkadang realibilitas dan validitas dari informasi tersebut dipertanyakan.
Hal ini menjadi penanda bahwa penggunaan internet untuk berkomunikasi menjadi salah satu pilihan yang sangat diminati. Karena dapat terhubung ke setiap orang dai belahan dunia manapun. Disinilah peranan manfaat jaringan komputer sebagai salah satu sumber penggunaan internet menjadi lebih optimal.
3.      Media sosial
Media sosial juga merupakan dampak positif lainnya dari perkembangan teknologi informasi dan kommunikasi. Media sosial dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mempertumakan individu dengan orang baru, dan menambah relasi antar individu.
Sebagai contoh, salah satunya adalah facebook. Situs yang cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, facebook juga menjadi sarana promosi dalam bisnis. Manfaat facebook bagi user sangatlah berguna, terlebih untuk menjalankan bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar.
4.      Membantu individu dalam mencari informasi
Dalam mencari informasi yang baru dan masih hangat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi sangat memegang peranan yang penting. Dengan adanya arus informasi yang menjadi jauh lebih cepat, maka individu akan menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang diinginkan.
Peranan internet terhadap prestasi belajar siswa menjadi salah satu momok yang cukup diperhitungkan. Dalam hal ini siswa dapat mengeksplor pikiran dan bahan pelajaran di sekolah mereka dengan mengakses informasi lebih luas dalam setiap mata pelajaran. Sehingga siswa tersebut memiliki pikiran yang tak hanya berlingkup dari sekolah saja tapi dari luar sekolah secara global.
5.      Media hiburan
Pemanfaatan dari teknologi informasi dan juga komunikasi berikutnya adalah dalam hal hiburan. Teknologi informasi dan juga komunikasi saat ini mendukung media hiburan yang sangat banyak ragamnya bagi setiap orang. Contoh saja dari media hiburan berupa games, music, dan juga ideo, banyak orang yang bisa hilang dan juga lepas dai stress karena hiburan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini.
Fungsi teknologi dan informasi dan komunikasi juga dapat menjadi salah satu pilihan hiburan yang cukup simple bagi beberapa orang. Tidak hanya sebagai media informasi, penggunaan internet dapat menjadi salah satu hal pereganggan pipkiran, contohnya dengan menonton video yang banyak tersebar di internet.
Akan tetapi perlu di noted bahwa ajang hiburan ini sebagai hal positif untuk menghilangkan suntuk semata bukan untuk mengakses konten negatif yang membawa dampak buruk bagi user.
6.      Mepermudah komunikasi dengan individu lainnya yang jauh
Komunikasi merupakan salah satu hal yang paling utama yang harus dijalin oleh manusia, sebagai makhluk sosial. Dengan adanya teknologi informasi dan juga komunikasi, maka saat ini untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain menjadi jauh lebih mudah. Apabila pada jaman dulu kita harus menunggu berhari-hari menggunakan pos, maka saat ini, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kita bisa mengirim pesan dalam waktu hitungan detik, dengan cepat dan juga mudah.
Ini menjadi salah satu faktor pendorong penyebab teknologi komputer berkembang cepat. Chatting menjadi hal yang favorit bagi sebagian orang, terlebih saat ini penggunaan smartphone semakin meningkat di semua kalangan.
7.      Sharing dan berbagi file
File dan juga dokumen saat ini sudah merupakan kebutuhan dari setiap orang. Baik dari file music ataupun dokumen penting, bisa dibagikan dengan menggunakan internet yang merupakan produk dari teknologi informasi dan juga komunikasi. Setiap user dapat saling membagikan file dan dokumen dengan mudah, bahkan kita saat ini bisa menyimpan file yang kita miliki dengan mudah di dalam cloud storage, atau  media penyimpanan di dalam internet.
Kegiatan membagikan file ke user tujuan tentunya memerlukan security yang cukup aman agar data yang di share tetap rahasia hingga user yang dimaksud menerima. Cara menjaga keamanan jaringan komputer perlu diperhatikan agar data yang dibagikan tetap terjaga.
8.      Memiliki banyak dampak positif dalam dunia pendidikan
Dampak lainnya yang paling terasa dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah dalam bidang pendidikan. Materi pelajaran dan segala hal yang berhubungan dengan pendidikan akan menjadi lebih mudah untuk diakses dan diperoleh. Sehingga hal ini pun akan membantu meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi dari kebutuhan pendidikan itu sendiri bagi tiap individu di dalam kehidupan sehari-hari.
Inilah manfaat mempelajari ilmu komputer yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah maupun tugas kuliah. Peranan teknologi memang tak dipungkiri juga turut andil dalam perkembangan dunia pendidikan yang lebih luas, dan lebih maju untuk kedepannya.
9.      Sebagai lokasi untuk bisnis jual beli
Saat ini, muncul banyak lapangan pekerjaan baru yang dihasilkan berkat adanya perkembangan teknologi informasi dan juga komunikasi, yaitu online shop dan juga bisnis online. Hal ini menggeser kedigdayaan penjualan barang melalu toko fisik, karena dianggap lebih murah, praktis dan juga lebih efisien dari segi pemasaran produknya.
Dengan adanya toko online ini, maka semakin banyak meningkatkan lapangan pekerjaan, dimana orang yang tadinya tidak memiliki pekerjaan akhirnya bisa memiliki pekerjaan dengan berjualan online. Disinilah fungsi sistem informasi dibutuhkan, juga bisa menggunakan media komunikasi online sebagai sarana mempromosikan bisnis.
10.  Membantu menyelesaikan masalah dengan mudah
Teknologi informasi dan juga komunikasi ternyata juga memiliki dampak yang positif dalam hal penyelesaian masalah. Dengan komunikasi yang menjadi lebih baik dan juga arus informasi yang cepat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi dapat menjadi solusi bagi masalah anda.
·       Dampak Negatif
Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman user akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar.
Berikut ini adalah beberapa dampak negative dari teknologi informasi dan juga komunikasi:
1.      Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
2.      Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
3.      Cyber Bullying
4.      Konten negative yang berkembang pesat
5.      Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
6.      Menjauhkan yang dekat
7.      Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
8.      Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna
9.      Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang






BAB III
METODOLOGI
3.1 Tempat dan Waktu Penelitian
Pengisian kuisioner ini diambil pada:
Hari, Tanggal        : Minggu, 13 Mei 2019
Jumlah sampel    : 21 Remaja
Subjek sampel     :  Pelajar tingkat SMA
3.2 Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi dalam penelitian ini termasuk populasi terbatas. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa remaja dari tingkat SMA
Sampel
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel acak (random sampling), yaitu teknik pengambilan sampel yang setiap anggota populasinya memiliki kesempatan sama untuk menjadi anggota sampel.
3.3 Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini termasuk ke dalam Eksplanasi. Eksplanasi adalah tehnik pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner.
3.4 Sumber Data
Sumber data kami adalah beberapa remaja dari tingkat SMA yang saya ambil sampel adalah 21 remaja.
3.5 Teknik Pengumpulan Data
Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan penelitian, seperti data yang di peroleh dari angket/kuesioner yang dibagikan langsung dengan objek penelitian.


BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Deskripsi Data dalam Bentuk Diagram Lingkaran
Dari populasi remaja yang berjumlah 21 orang dapat dihitung jumlah dan presentasi pada tiap-tiap soal angket.
Soal No.1 Apakah HP sangat penting bagi anda







Soal No.2 Apakah anda rela meninggalkan obrolan dengan orang orang disekitar anda demi memainkan HP








Soal No.3 Apakah penggunaan HP membuat anda lupa dengan sekitar









Soal No.4 Apakah anda sadar HP telah mengubah anda menjadi kurang baik











Soal No.5 Apakah HP adalah penyelamat anda dalam situasi canggung









Soal No.6 Apakah HP membuat anda malas untuk bersosialisasi












4.2 Hasil Data
Menurut hasil angket kami, didapatkan hasil data sebagai berikut :
Dari seluruh sampel, 43% responden menyataka bahwa HP sangat penting bagi mereka, 10% responden dengan rela akan meninggalkan obrolan dengan orang disekitar nya mereka demi memainkan HP nya, 15% responden merasa lupa dengan sekitarnya karena terlalu sibuk memainkan HP, 43% responden merasa bahwa dirinya menjadi kurang baik karena sering memainkan HP nya, 48% responden merasa bahwa HP adalah penyelamat dalam situasi canggung yang mereka alami, serta 5% responden berpikir bahwa dengan adanya HP membuat mereka lebih malas bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya dan memilih untuk menghabiskan waktu sendiri.
4.3 Kesimpulan Angket
Dari hasil penelitian diatas, pastilah responden mempunyai dampak yang berbeda-beda yang akan didapatkan dari penggunaan teknologi yang semakin canggih sekarang. Terlihat dari jumlah presentase atas pertanyaan 'apakah HP sangat penting bagi anda' cukup banyak, menandakan bahwa manusia di jaman sekarang ini cukup bergantung dengan telepon genggamnya tersebut. Apalagi disaat mereka bertemu dengan orang-orang yang tidak mereka kenal, lalu tidak ada percakapan sama sekali, maka bermain gadget adalah salah satu cara untuk mengalihkan rasa canggung. Dan orang-orang cenderung lebih memilih untuk mengurusi gadget-nya untuk ber-chat ria atau sekadar bermain game dari pada membuka suatu obrolan dengan orang yang tidak terlalu dekat dengannya sehingga harus memutar otak untuk mencari topik.
Teknologi Komunikasi Canggih Semakin Membuat Orang Menjadi Penyendiri
Di zaman sekarang ini pembahasan mengenai teknologi yang sering muncul kerap kali melibatkan tentang apa yang menjadi aspek media yang ditampilkan. Seiring berkembangnya media baru, gaya hidup masyarakat nasional maupun secara global mulai berubah drastis. Salah satu perubahannya bisa dilihat dari cara bagaimana masyarakat mengakses informasi secara lokal maupun universal. Karena adanya media baru yang semakin meluas ini, masyarakat mulai cenderung menggunakannya dalam mencari informasi ketimbang menggunakan media lama yang dirasa lebih merepotkan dibandingkan jika menggunakan media baru. Dengan menggunakan media baru, masyarakat dapat mengakses segala macam informasi dengan mudah, cepat, dan efektif. Bahkan di beberapa daerah, penggunaan media lama mulai semakin terkikis dan tergantikan oleh adanya media baru ini.
Dengan hadirnya media baru yang semakin canggih ini, masyarakat mulai semakin dimanjakan. Dengan mudah mereka mengakses informasi melalui internet sehingga apa yang didapat mulai mempengaruhi pola pikir mereka. Bermula dari sinilah, manusia mulai terlena oleh canggihnya teknologi komunikasi saat ini sehingga tak heran, media baru ini terkesan memberikan dampak secara negatif pada manusia. Salah satunya yang bisa kita ambil contoh adalah munculnya dampak alienasi pada masyarakat penggunanya.
Mengapa alienasi seperti ini termasuk kedalam contoh perubahan sosial? Karena dalam perubahan sosial itu sendiri ada beberapa aspek yang menjadi tanda-tandanya, diantaranya, yang pertama adalah adanya perubahan pola pikir masyarakat. Dari media baru, tentu banyak hal atau informasi yang didapat yang mungkin beberapa dari itu mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat itu sendiri. Sebagai contoh, sekarang ini mulai banyak munculnya game-game online bagi kalangan anak-anak hingga remaja. Jika tanpa pengawasan ataupun pengetahuan yang cukup benar, game-game online yang tanpa diketahui asal-usul sumbernya dapat meracuni atau mempeengaruhi pola pikir penggunanya. Dari situlah awal munculnya sifat-sifat adiktif atau ketagihan.
Bila tanda-tanda seperti itu sudah mulai terlihat, maka hal ini bisa mengacu pada perubahan perilaku dari masyarakat atau penggunanya itu sendiri, dimana ini merupakan aspek kedua dari perubahan sosial. Karena sudah mulai ketergantungan dan adiktif ini, tak jarang mereka yang mengalaminya mulai menutup diri dan asyik dengan dirinya sendiri sehingga lingkungan sekitarnya menilai mereka menjadi orang yang tertutup dan penyendiri. Hal seperti ini tentu tidak baik karena sebagai manusia kita adalah makhluk sosial dimana secara tidak langsung kita pasti membutuhkan bantuan orang lain.
Agar hal seperti itu tidak berkelanjutan atau justru semakin memburuk, ada baiknya penggunaan media harus tetap diseimbangkan dengan konsumsi media lama, dan penggunaan tersebut harus diberlakukan dengan aktivitas diluar rumah agar dapat mencapai standar hidup yang lebih baik yang normal dan semestinya.





BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Para pengguna teknologi canggih berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, saling berbagi  dan membangun jaringan. Tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan menemukan orang-orang yang lebih asyik di dunia maya dari pada dunia nyatanya sendiri. Sehingga hal terserbut akan berdampak komunikasi antar manusia dalam dunia nyata. Banyak kita temukan bahwa ada orang yang justru lebih aktif atau bahasa yang biasa kita sebut 'cerewet' di dunia maya sesungguhnya adalah orang yang pendiam di dunia nyatanya sendiri. Hal tersebut dapat saja terjadi karena orang tersebut kurang bisa membangun komunikasi dengan orang nyata.
B. Saran
Seperti yang telah kita ketahui, teknologi memiliki dampak positif dan negatif tersendiri dalam penggunaannya. Kita sebagai mahluk sosial harus bisa membedakan yang mana dunia nyata dan dunia maya. Jangan sampai masalah dalam dunia nyata kita sebarkan juga di dunia maya. Teknologi harus dimanfaatkan secara baik dan benar. Dan usahakan untuk membangun relasi dengan orang-orang di kehidupan nyata, jangan terlalu fokus dengan handpone disaat orang lain berbicara karena tindakan tersebut dianggap kurang baik dan meremehkan lawan bicara. Jika ingin mencoba untuk tidak memainkan handphone, cobalah untuk pergi bersama teman-teman dan tinggalkan gadget-mu di rumah. Buatlah momen yang berharga bersama orang orang di sekitarmu. Karena hidup bukan hanya tentang handphone, masih banyak hal baik yang masih bisa dilakukan di luar rumah tanpa handphone.
02.23 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad